Blognya DianK

YOU ARE WHAT YOU READ. IF YOU READ NOTHING,YOU ARE NOTHING

Monday, October 18, 2004

Kenya's Maathai Wins for Forestation Work

Baru-baru ini seorang wanita yang berasal dari Kenya mendapat anugrah nobel untuk lingkungan hidup. Perempuan dengan perawakan besar ini mendapat nobel karena usahanya yang telah menanam 30 juta pohon sepanjang utara sampai dengan selatan Afrika. Aku salut dengan keteguhannya menerapkan usaha penanaman ini. Karena menurut berita yang ada Maathai sempat mendapat serangan represif dari pemerintahan Kenya karena adanya usaha ini. Dedikasinya pada pelestarian lingkungan hidup sangat membanggakan. Lebih membanggakan saat mengetahui bahwasanya dia pun menjadi wanita pertama Afrika yang mendapat Nobel. Sangat membanggakan memang, bukan hanya untuk Kenya tetapi juga untuk Afrika. Pada saat yang hampir bersamaan dengan aku baca berita itu, ada e-mail dari temen sekantor tentang resensi buku yang temanya adalah Kuasa Wanita Jawa. Sebenarnya semua isinya adalah tentang proses pembelajaran feminisme di kalangan suku Jawa. Entah ini berhubungan atau tidak yang jelas aku hanya bertanya " mana kuasa itu?" Apabila dibandingkan dengan pengorbanan Maathai atas dirinya sendiri dan keluarganya. Demi paham yang dia yakini benar, yaitu untuk melestarikan lingkungan. Di Media lain aku baca bahwasanya mantan suaminya mengatakan bahwa Maathai adalah wanita yang keras kepala, dominan dan terlalu pintar. Dilain pihak wanita jawa dalam bahasan buku-buku tersebut dikenal kuat dan sangat menghegemoni. Tapi rasanya tidak fear untuk membandingkannya. KArena arti menghegemoni jelas berdampak negatif.
Sebenarnya aku juga mau bilang kapan kita semua memulai hal - hal diatas, perhatian terhadap lingkungan. Yang mungkin selama ini terlintas aja jarang dalam benak kita. Oke,,guys....., mari kita benahi lingkungan, kita lestarikan dan kita jaga........

4 Comments:

  • At October 20, 2004 at 6:50 AM, Anonymous Anonymous said…

    hutan, lingkungan, atau alam sebenernya nggak perlu kita lestarikan, kalo kita nggak mengusiknya. Dia akan lestari sendiri???

     
  • At October 20, 2004 at 6:52 AM, Anonymous Anonymous said…

    hutan, lingkungan, atau alam sebenernya nggak perlu kita lestarikan, kalo kita nggak mengusiknya. Dia akan lestari sendiri???

     
  • At October 20, 2004 at 6:53 AM, Anonymous Anonymous said…

    hutan, lingkungan, atau alam sebenernya nggak perlu kita lestarikan, kalo kita nggak mengusiknya. Dia akan lestari sendiri???

     
  • At October 20, 2004 at 6:58 AM, Anonymous Anonymous said…

    Hutan,lingkungan atau alam nggak perlu kita lestarikan,kalo kita manusia tak mengusiknya. Dia akan melestarikan dirinya sendiri

     

Post a Comment

<< Home